18 Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah / Madrasah
Nilai-nilai pendidikan karakter perlu
dijabarkan sehingga diperoleh deskripsinya. Deskripsi beguna sebagai batasan
atau tolok ukur ketercapain pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter di
sekolah. adapun 18 nilai-nilai pendidikan karakter didiskripsikan adalah
sebagai berikut :
Tabel 1 Deskripsi Nilai Pendidikan Karakter
Nilai
|
Deskripsi
|
1. Religius
|
Sikap dan perilaku
yang patuh dalam melaksanakanajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan
pemeluk agama lain.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinyasebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam
perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
3. Toleransi
|
Sikap dan tindakan
yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan
orang lain yang
berbeda dari dirinya.
|
4. Disiplin
|
Tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuhpada berbagai ketentuan dan peraturan.
|
5. Kerja Keras
|
Perilaku yang
menunjukkan upaya sungguh-sungguhdalam mengatasi berbagai hambatan belajar
dan tugas,
serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
6. Kreatif
|
Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan caraatau hasil baru dari sesuatu yang telah
dimiliki.
|
7. Mandiri
|
Sikap dan perilaku
yang tidak mudah tergantung padaorang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
8.Demokratis
|
Cara berfikir,
bersikap, dan bertindak yang menilai samahak dan kewajiban dirinya dan orang
lain.
|
9. Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan
yang selalu berupaya untukmengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
|
10. Semangat Kebang-saan
|
Cara berpikir,
bertindak, dan berwawasan yangmenempatkan kepentingan bangsa dan negara di
atas
kepentingan diri dan kelompoknya.
|
11. Cinta Tanah Air
|
Cara berfikir,
bersikap, dan berbuat yang menunjukkankesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi
terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa.
|
12.Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan
yang mendorong dirinya untukmenghasilkan sesuatu yang berguna bagi
masyarakat, dan
mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
|
13.Bersahabat/Komuniktif
|
Tindakan yang
memperlihatkan rasa senang berbicara,bergaul, dan bekerja sama dengan orang
lain.
|
14. CintaDamai
|
Sikap, perkataan,
dan tindakan yang menyebabkan oranglain merasa senang dan aman atas kehadiran
dirinya.
|
15. GemarMembaca
|
Kebiasaan
menyediakan waktu untuk membaca berbagaibacaan yang memberikan kebajikan bagi
dirinya.
|
16. Peduli Lingku-ngan
|
Sikap dan tindakan
yang selalu berupaya mencegahkerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya,
dan
mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki
kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
17. Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan
yang selalu ingin memberi bantuanpada orang lain dan masyarakat yang
membutuhkan.
|
18. Tanggun-jawab
|
Sikap dan perilaku
seseorang untuk melaksanakan tugasdan kewajibannya, yang seharusnya dia
lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
Puskur (2010 :_)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar